Cara mudah menggunakan aplikasi mandeley

Tutorial Menggunakan Mendeley bagi pemula

Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi untuk penyusunan daftar referensi untuk suatu karya ilmiah sangat diperlukan. Salah satu aplikasi yang sering digunakan, terutama bagi para akademisi, mahasiswa maupun dosen, adalah Mendeley. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan aplikasi ini adalah, mudah cara instalasi dan penggunaannya dan tentu saja gratis. Nah, berikut saya akan menunjukkan langkah-langkah untuk para pemula dalam mengoperasikan aplikasi ini (saya menggunakan sistem operasi Windows).

  1. Unduh Mendeley desktop di laman ini, terlebih dahulu anda harus punya akun di Mendeley dengan cara mendaftarkan alamat email beserta password untuk aplikasi ini.
  2. Install Mendeley dengan cara seperti menginstall aplikasi pada umumnya.
  3. Buka Mendeley, maka akan tampil layar seperti berikutfm 1
  4. Untuk menghubungkan Mendeley dengan MS. Word yang akan kita gunakan maka Klik menu Tools > Install MS Word Plugin

(pastikan sebelum langkah ini, anda tidak membuka satupun file Ms. Word)

fm2

  1. Klik OK. Maka secara otomatis plugin mendeley akan terpasang di Ms. Word kita. Silahkan dibuka dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.fm3

 

Nah, berikutnya saya akan menjelaskan cara memasukkan data referensi kita,

  1. Pastikan dulu anda memiliki file pdf dari jurnal atau artikel yang akan kita jadikan referensi.
  2. Untuk memudahkan pemilahan, buatlah folder dengan cara klik create folder seperti gambar. Misal, anda akan menulis skripsi, maka namai folder dengan skripsi, atau anda mau submit artikel di jurnal tertentu namai sesuai dengan nama jurnal tersebutfm4
  3. Drag file pdf ke aplikasi mendeley secara langsung untuk mempercepat. Tidak perlu satu-satu, anda bisa langsung drag file secara bersamaan. Contoh file yang sudah berhasil masuk ke aplikasi mendeley kita seperti di bawah ini.fm5
  4. Catatan ini sangat penting. Pastikan data yang masuk ke mendeley adalah benar untuk setiap filenya. Misal, klik 2x salah satu file, maka akan muncul tampilan pdfnya di jendela berikutnya (seperti gambar), nah, pastikan judul, author, nama jurnal, tahun, halaman, pada kolom sebelah kanan, adalah sesuai dengan jurnal yang kita acu. Jika belum makan anda perlu mengeditnya secara manual.fm6

Nah jika langkah-langkah di atas sudah selesai, maka saatnya kita menulis sambil mencantumkan sitasi dan referensi secara otomatis.

  1. Pilih dulu style citation yang akan kita gunakan. Klik View > Citation Style > Pilih salah satu.fm7
  2. Jika style sitasi yang kita inginkan tidak ada pada menu pilihan, anda bisa mengunduhkan style tersebut di laman zotero ini.
  3. Ketik nama jurnal yang akan kita tuju. Lalu klik pada nama jurnalnya, maka akan secara otomatis terdownload.
  4. File yang berhasil kita unduh (format CSL) letakkan pada folder berikut:

LocalDisk C > Program Files > Mendeley Desktop > Cytation Styles 1.0

fm8

  1. Jika sudah maka ulangi langkah no 1.
  2. Saat menulis dan anda ingin menyisipkan sitasi, maka di menu Ms. Work

Klik References > Insert Citation

  1. Ketik keyword, bisa nama dari salah satu author atau judul artikel, lalu klik OK
  2. Untuk membuat daftar pustaka Klik References > Insert Bibliography

Selesai.

Semoga tutorial yang panjang dan penuh dengan gambar-gambar ini bisa bermanfaat. Semangatttt!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menggunakan aplikasi microsoft excel